People Innovation Excellence

My Days in Holiday Inn Express Jakarta

By: Robet (Student of International Marketing)

Saya internship di Holiday Inn Express Jakarta International Expo selama 6 bulan dan berakhir pada awal bulan Agustus 2017. Dari pertama saya memilih di industri hospitality ini saya sangat tidak sabar untuk segera On The Job training di hotel tersebut. Biarpun jaraknya 13 km dari tempat tinggal saya, mungkin bulan pertama saya merasa sangat jauh dan sering mengeluh tetapi masuk bulan kedua saya mulai terbiasa karena ini juga bisa melatih kedisiplinan kita bagaimana tidak terlambat biarpun jarak tempuhnya yang lumayan jauh. Sales and Marketing department hotel ini tidak terlalu banyak orang, mereka terdiri dari Assistant Director of Sales, Assistant Marketing Communication and Distribution Manager (CSPV), Senior Sales Manager, Sales Executive dan terakhir Sales Coordinator. Mereka sangat ramah dan membuat saya tidak merasa keberatan bergabung ke dalam tim mereka yang seru ini.

Hari pertama saya bergabung tentunya saya di ajak keliling oleh HR Admin untuk memperkenalkan saya ke semua department dan tidak lupa hotel tour agar saya tidak asing dengan lingkungan hotel tersebut. Priskilla Wanda selaku Company Supervisor saya, beliau mengajarkan saya dari awal semua pekerjaan yang sesuai learning plan yang sebelumnya beliau isi. Beliau begitu sabar mengajarkan satu per satu seperti bikin press release, kontrak, media sosial, laporan event, laporan bulanan dan masih banyak lagi. Di karenakan lokasi Holiday Inn Express Jakarta International Expo di dalam kawasan JIExpo, maka setiap expo yang diselenggarakan di JIExpo pastinya hotel saya terlibat, tidak hanya exhibition dari lokal tetapi juga internasional. Selama 4 bulan saya bekerja disini, saya tidak pernah ketinggalan mengunjungi setiap exhibition yang diselengarakan di JIExpo, seperti Food and Hotel Indonesia 2017, IFEX 2017, Indonesia International Motor Show dan masih banyak lagi. Disana saya dapat menemui banyak orang dari berbagai latar belakang yang berbeda, dan saya lebih banyak berinteraksi dengan orang asing terutama dari Tiongkok dan tentunya saya tidak lupa untuk memperkenalkan hotel tempat saya bekerja karena hotel tersebut merupakan hotel satu-satunya yang berada di dalam kawasan JIExpo.

Tidak hanya bekerja di back office aja, tetapi pekerjaan saya juga harus berhubungan dengan media-media lokal untuk lebih mempromosikan Holiday Inn Express Jakarta International Expo agar setiap kali mendengar kata JIExpo dan mereka akan ingat bahwa disana terdapat satu hotel chain international ini. Saya selalu di ajak oleh CSPV untuk keliling dan mengunjungi media-media lokal untuk menjalin silatuhrami dan kerja sama untuk kedepannya dan tidak lupa menginformasikan promo-promo apa yang berlaku disaat itu. Tidak hanya di Jakarta, saya sempat di ajak oleh CSPV saya untuk Business Trip ke bandung 3 hari 2 malam, disana saya berkesempatan lagi bertemu dengan orang-orang baru seperti OZ Radio, Ardan Radio, Prambors Bandung, Bisnis Indonesia, Radar Bandung dan lain-lain. Dan di hari terakhir di Bandung, saya diberi kepercayaan oleh CSPV saya untuk menangani sendiri ke media Bandung Ekspres, tentunya saya sangat harus percaya diri dan optimis dalam menjelaskan semua tentang hotel dan saya berhasil, Holiday Inn Express Jakarta International Expo ditayangkan di koran Bandung Ekspres ½ halaman dan tidak dipungut biaya apapun dari Bandung Ekspres itu sendiri.

Selama internship Industry Track ini saya belajar sangat banyak baik itu time management, teamwork, marketing skill, communication skill, negotiation skill, event management dan pengembangan-pengembangan diri lainnya yang tidak bisa saya dapatkan di kampus. Terima kasih kepada Binus University yang telah mengadakan program 3+1 agar kami bisa lebih mengerti bagaimana bekerja langsung di dunia industri itu dan terima kasih kepada dosen kami yang sudah membimbing kami tiap bulan dan dengan sabar mendengar keluhan kami jika mendapatkan masalah.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close