People Innovation Excellence

“Pengalaman 4 bulan internship di Aston Priority Simatupang Hotel & Conferences”

By: Masya Lovinka (Student of International Marketing)

Nama saya Masya Lovinka Mahasiswi Jurusan International Marketing Universitas Bina Nusanatara, setelah memiliki pengalaman belajar di kampus hingga 5 semester tidak lengkap rasanya apabila tidak mengaplikasikan pelajaran yang didapat di dunia kerja, Bina Nusantara memiliki program bagi mahasiswanya bernama 3+1 enrichment program dalam program tersebut mahasiswa diberi kesempatan untuk merasakan dunia kerja selama satu semester, Karena saya jenis orang yang senang belajar secara visual program 3+1 sangat menarik bagi saya, setelah mempersiapkan berkas berkas seperti cv,transcript nilai dan surat lampiran dari kampus, saya siap untuk mencari tempat magang yang sesuai dengan latar belakang saya.

Ternyata mencari tempat magang,gampang gampang sulit, mencari tempat magang untuk anak marketing terbilang mudah, banyak perusahaan-perusahaan yang membuka program magang untuk marketing, namun saya ingin pengalaman magang saya yang pertama menarik, dan tidak membosankan, kebetulan saya melihat Aston Priority Simatupang Hotel & Conferences membuka lowongan untuk program magang, tanpa berpikir panjang saya langsung meyipakan berkas berkas untuk mengajukan permohonan magang di perusahaan tersebut, dan saya diterima untuk program magang selama 4 bulan.

Awalnya saya takut pekerjaan yang didapat tidak sesuai dengan keinginan saya dan monoton, namun ternyata saya salah, di hari pertama saya magang di Aston Priority Simatupang Hotel & Conferences saya diperkenalkan tempat kerja, dimana saya melihat fasilitas-fasilitas di Aston Priority Hotel & Conferences, saya diajak berkeliling dan berkenalaan dengan orang orang yang bekerja di divisi lain. Dua bulan pertama saya diposisikan sebagai Public Relations dimana menghubungkan perusahaan dengan pihak lain seperti media. Tugas saya adalah membuat dan  mengirimkan press release kepada media, karena perusahaan membutuhkan untuk mempromosikan produk yang di miliki, membuat social media planning dan report setiap bulan nya, bertemu dengan media untuk melakukan interview. Lalu sebagai public relation saya juga di tuntut untuk pandai bergaul, karena tidak jarang saya harus bertemu dengan orang orang baru untuk bekerja sama, saya memiliki pengalaman pergi ke kantor Media Indonesia, Koran Tempo dimana kita melakukan kerja sama untuk pemasangan iklan selama satu tahun di media. selain itu saya  juga diajak berkeliling dan berkenalan dengan orang-orang baru yang tentunya dapat menambah koneksi saya di dunia kerja.

Setelah saya dua bulan belajar di divisi public relation dua bulan berikutnya saya di beri kesempatan untuk belajar di divisi sales. Sebagai seorang sales saya di tuntut untuk bisa memasarkan produk atau jasa secara langsung kepada target marketernya. Cara nya adalah dengan melakukan sales blitz ke customer yang potensial. Saat melakukan sales blitz saya harus detail menjelaskan tentang fasilitas hotel yang kami miliki. Dari kapasitas ruangan hingga makanan yang mereka dapatkan saat meeting di Aston priority Simatupang Hotel and Conferences. Setelah client menggunakan Hotel kami sebagai tempat meeting, saya mendatangkan perusahaan mereka untuk menjalin hubungan dengan para clinet. Berikut adalah foto saya saat melakukan sales call ke Universitas Pancasila.

Pada akhirnya saya sangat merasa puas mengikuti program magang di Aston Priority Simatupang Hotel & Conferences selain menambah pengalaman kerja saya juga menambah teman- teman baru, 4 bulan magang di aston terasa cepat, saya sangat senang dapat diberi kesempatan magang di Aston Priority Simatupang Hotel & Conferences terutama di divisi public relation Karena selain bertemu orang baru saya pekerjaan yang tidak monoton dimana saya bertemu orang baru setiap harinya dan tentunya pengalaman baru.

Marketing is not all about selling because selling is marketing, but marketing is not selling. Sebagai seorang marketer kita harus bisa mengenalkan perusahaan kepada masyarakat luas, menjalalin hubungan baik dengan customer, karena dengan terjalin hubungan yang baik akan menciptakan suasana yang nyaman antara perusahaan dan customer. Dan yang terpenting, kegiatan marketing adalah membuat starategi pemasaran sehingga membuat konsumen membeli karena merek nya terlebih dahulu, baru melihat produk nya. Tujuan dari pemasaran adalah meningkatkan kesadaran dan membangun merek.

#marketingisntallaboutselling


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close