People Innovation Excellence

Pengalaman seru di PT. Brother International Sales Indonesia

By: Herick (Student of International Marketing)

Awal pertama saya masuk di perusahaan PT. Brother International Sales Indonesia yang saya rasakan adalah ini beneran kantor ? kok sepi banget. Ternyata saya baru sadar kalau kantor tempat saya bekerja sebagian merupakan sales.

Selama 1 bulan pertama yaitu di bulan Januari sampai Febuari saya magang bersama 2 orang anak magang lainnya yaitu Maya Prastika dan Fiene Suwito, menurut saya mereka orang yang asik sih dan enak juga untuk di ajak bekerja sama bareng. Saya magang as a digital marketing, di sini saya belajar banyak dari membuat konten, press release, ngebantuin untuk jalanin sebuah event, dan yang paling penting di sini yaitu saya belajar banyak arti dari team work.

Mengerti artinya sendiri

Dibulan Maret merupakan bulan yang HELL banget menurut saya, kenapa ? di bulan ini saya magang sebatang kara, agak lebay sih tapi di sini saya bener-bener bekerja under pleasure banget. Bagaimana engga, saya harus menghandle kerjaan anak magang lainnya dan berarti kerjaan saya merangkap menjadi digital marketing & PR.

Namun saya tetap bersyukur atas yang kepercayaan yang telah diberikan kepada saya, karena saya belajar banyak terutama hal-hal yang belum saya pelajari sebelumnya and it’s fun for me. Menurut saya menjadi content creator itu asik banget dimulai dari membuat sosmed plan,

Membuat desain-desain menarik, membuat cover untuk facebook Brother Indonesia.

Dan satu lagi yang menurut saya adalah hasil terbaik saya selama magang di PT. Brother International Sales Indonesia yaitu membuat layout Instagram official Brother Indonesia menjadi lebih menarik, berikut ini adalah contoh desain-desainnya.

Brother Peduli Terhadap Linkungan

Campaign merupakan hal yang penting banget untuk perusahaan, PT. Brother International Sales Indonesia juga punya nih campaign yaitu #1000ThanksBrotherForIndonesia yang biasa sering banget disebut 1000TBUI. Di campaign ini saya ga hanya membantu namun juga incharge untuk menjalankan event, sebagai contoh dimulai dari menginput data-data testimoni sampai hit di angka 1000 testimoni dan juga ikut memberikan hadiah kepada para pemenang dari 1000TBUI berikut ini adalah para pemenang produk 1000TBUI.

Hal di atas adalah salah satu campaign dari PT.Brother International Sales Indonesia, salah satu campaign lainnya dari Brother Indonesia adalah #BeraniBuatPerubahan atau bisa juga di sebut dengan BBP. Nah disini saya ceritain sedikit yah tentang campaignnya.

PT.Brother International Sales Indonesia adalah salah satu perusahaan multinational yang peduli terhadap lingkungan dan juga masyarakat sekitar, tidak heran bukan kalau Brother Indonesia masuk dalam salah satu MVB ( Most Value Brand ) di tahun 2016 & 2017, di dalam campaign ini Brother Indonesia ingin memberikan perubahaan kepada komunitas atau institusi yang membutuhkan bantuan, dari target 40 partisipan, ternyata kita campaign kita mendapat respon yang cukup baik dari masyarakat yaitu total partisipan sebanyak 92 komunitas.

Awal Mulanya….

7 Maret 2017 adalah hari yang menarik plus menyeramkan buat saya. I started the day with a cup of milo,as usual dan kemudian seseorang datang. Pertamanya saya kira karyawan baru, dan ternyata anak magang baru yang menurut saya dengan adanya anak magang yang baru pasti kerjaan saya akan cukup berkurang ketimbang saya bekerja sendirian, anak magang tersebut bernama Helen

Helen akan bertanggung jawab menghandle pekerjaan PR dimana berarti saya hanya fokus menjadi content creator yaitu salah satu pekerjaan yang menurut saya paling fun.

Experience di Brother

Selama saya bekerja di PT. Brother International Sales Indonesia tentu ada saat dimana kita sebagai team marketing di wajibkan untuk menghabiskan budget yang masih tersisa di perusahaan. Karena jika tidak mencapai KPI tersebut kita di anggap tidak mampu untuk menjalankannya atau memiliki performas yang jelek.

Bulan Juli adalah bulan dimana team marketing harus menghabiskan budget yang cukup besar, disini saya pun belajar bagaimana mengatur bagaimana agar budget yang sudah di targetkan dapat di alokasikan ke program-program yang mempunyai budget yang besar sehingga budget yang telah di targetkan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan target perusahaan. Oleh karena itu saya menganggap “ Marketing Isn’t All About Selling but It’s About Spending Money “

 

#marketingisntallaboutselling


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close