People Innovation Excellence

LOGISTIK (Bagian II)

Terdapat tiga fase utama dalam logistik, yaitu:

  1. Inbound Logistic: pada proses ini, perusahaan manufaktur melakukan pemindahan produk mentah atau setengah dari suplier
  2. Process Logistics: berikut adalah operasi dimana langsung mempengatuhi operasi secara langsung seperti pergudangan.
  3. Outbound Logistics: operasi yang terakhir mengikuti proses produksi dimana perusahaan mengeluarkan produk melalui pergudangan, transportasi dan inventory untuk melakukan manajemen pada produk jadi

Dalam logistik terdapat sistem transportasi dimana secara sederhana memindahkan dari lokasi awal ke lokasi yang dituju. Strategi dari transportasi untuk mencapai kesuksesan perlu untuk mengenali beberapa hal, antara lain kebutuhan pelanggan, waktu untuk memindahkan barang, pemilihan mode, hubungan karir, mengukur dan membandingkan, dan fleksibilitas. Dengan memperhatikan faktor faktor tersebut dapat membantu sebuah perusahaan logistik mencapai apa yang ingin mereka capai. Anggota dari transportasi yang memiliki peran penting antara lain pengirim, penerima, pengantar, pemerintah, dan publik. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pengirim antara lain biaya kendaraan, biaya tetap untuk beroperasi, jumlah berdasarkan biaya yang dikeluarkan, biaya berdasarkan perjalanan, biaya overhead. Beberapa faktor yang mempengaruhi pengirim antara lain biaya transportasi, inventory, biaya fasilitas, biaya proses, dan biaya untuk jasa.

Mode dalam melakukan transportasi terbagi atas lima yaitu udara, air atau laut, kereta, jalan, dan pipa bawah tanah. Masing-masing mode pengiriman memiliki kelebihan dan kekurangan contohnya udara dimana biaya pengiriman tinggi dan resiko yang tinggi, jalur laut murah, namun memakan waktu yang cukup banyak, kereta merupakan metode cepat melalui jalur darat namun tidak semua daerah memiliki rel kereta, untuk media darat seperti truk memiliki jangkauan lebih luas dari kereta namun kendala waktu pengiriman dan resiko kecelakaan lebih besar, dan yang terakhir pipa bawah tanah mudah, cepat tetapi biaya yang di keluarkan besar dan hanya beberapa jenis benda yang dapat di pindahkan, contohnya minyak atau air karena bersifat cair. Transportasi modern telah mengalami berbagai perubahan dengan perubahaan sudut pandang sebuah fungsi operasi menjadi strategi. Sebagai perusahaan logistik di era sekarang diperlukannya perkembangan secara terus-menerus untuk menjamin pesanan dari pelanggan dapat tiba pada tempat yang diinginkan pada tempatnya di waktu yang tepat.


Published at :
Written By
Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close