People Innovation Excellence
 

BITCOIN

Bitcoin, salah satu mata uang virtual atau crypto currency yang terlihat menggiurkan bagi para investor dan calon investor dalam melakukan investasi dalam mata uang virtual ini. Bitcoin sendiri diciptakan pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto, dimana identitas dari penciptanya sendiri masih belum diketahui sampai saat ini. Bitcoin sendiri pada umumnya memberikan biaya yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mekanisme pembayaran online secara tradisional. Bitcoin sendiri tidak memiliki bentuk fisik yang diedarkan, dimana hanya transaksi dilakukan melalui sebuah jaringan internet saja.

Sebagai salah satu mata uang virtual yang banyak digandrungi oleh para investor dan calon investor, bitcoin sendiri tentu saja memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri. Adapun kelemahan dan keuntungan dari bitcoin sendiri adalah sebagai berikut:

  • Bitcoin tidak dimiliki oleh negara manapun, sehingga hal ini dapat memberikan keuntungan sekaligus kerugian karena kurs mata uang ini tidak diatur oleh Negara manapun.
  • Hukum permintaan dan penawaran tentu saja memiliki peran dalam transaksi bitcoin ini, hal ini terlihat diawal terciptanya bitcoin harga satu bitcoin adalah sekita 13 USD, dan karena tingginya permintaan harga satu bitcoin saat ini sudah mencapai sekitar 200 juta rupiah.
  • Karena negara tidak ikut campur dalam pengembangan mata uang ini, maka para investor akan menganalisa sendiri keadaan bitcoin tersebut sehingga menyebabkan karakter trader tersebut menjadi berubah secara idealis.
  • Dari segi keamanan, bitcoin tentu saja aman dari pemalsuan, dimana untuk melakukan pemalsuan mata uang ini sangatlah sulit dan tidak berwujud dan juga terdapat sebuah settingan kriptografi sehingga membuat mata uang ini aman dari pemalsuan, namun kelemahannya karena matauang ini disimpan dalam file digital maka mata uang ini rentan terhadap kehilangan akibat kerusakan ataupun virus yang menyerang.
  • Bitcoin sendiri juga sebagai salah satu mata uang global, karena banyak para trader diseluruh dunia yang melakukan trading pada mata uang ini, bahkan mata uang ini pernah menjadi alat tebus disaat virus wanna cry menyerang.
  • Bitcoin sendiri juga menjadi salah satu pelindung dari inflasi, sama dengan emas, hal ini dikarenakan pada saat ini bitcoin tidak terpengaruh oleh politik atau aturan suatu negara, sehingga bitcoin tidak terpengaruh oleh apapun.
  • Bitcoin sendiri juga menjadi salah satu sarana tabungan anda, biaya-biaya yang biasanya dibebankan dalam tabungan konvensional, tidak dibebankan dalam bitcoin.
  • Meskipun bitcoin dan forex sama-sama trading mata uang, namun keduanya tentu saja berbeda, salah satu persamaan keduanya adalah keadaan yang tidak stabil karena dipengaruhi oleh hukum penawaran dan permintaan.
  • Dan yang terakhir karena bitcoin tidak diatur oleh pemerintah manapun, maka bitcoin dapat menjadi salah satu sarana tindakan kriminal oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan melakukan pencucian uang dan juga terhindar dari pajak.

Hal-hal tersebutlah kelemahan dan kelebihan dari investasi bitcoin, sehingga para binusian tentu saja dapat menimbang-nimbang sebelum melakukan investasi bitcoin itu sendiri,


Published at :
Written By
Business Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close