People Innovation Excellence
 

SPSS

SPSS merupakan salah satu software yang digunakan untuk melakukan sebuah analisis statistik baik secara tepat dan cepat, dimana hasil analisis tersebut menghasilkan berbagai macam jenis output yang dikehendaki atau sesuai dengan tujuan dari penelitian itu sendiri.

SPSS sendiri menjadi salah satu aplikasi pengolahan data dan analisis statistik yang cukup popular dan sering digunakan juga oleh para mahasiswa. hal ini disebabkan karena software ini seing kali digunakan untuk mempermudah dalam proses pengolahan data itu sendiri, selain itu aplikasi SPSS sendiri juga sudah digunakan dalam berbagai macam bidang, seperti penelitian pasar, pengendalian dan perbaikan mutu. Hasil output yang dihasilkan oleh program SPSS ini tentu saja sangat membantu dalam proses pengolahan data, sehingga hasil pengolahan data tersebut dapat dipertanggungjawabkan dan dipercaya.

SPSS sendiri merupakan aplikasi analisis data yang dikembangkan oleh  perusahaan IBM. Dimana platform ini sendiri dapat digunakan dan diakses oleh semua pengguna dengan semua tingkat keahlian, dan membantu pengguna dalam meningkatkan efisiensi dan meminimalkan resiko. Secara umum, cara kerja SPSS terbagi menjadi 3, yakni :

  1. Input data seperti melakukan input data di data view ataupun nama variable di variable view.
  2. Yang kedua adalah proses data, dimana pengguna memilih metode yang digunakan untuk mengolah data.
  3. Dan yang ketiga adalah output atau hasil analisis yang digunakan untuk mengambil keputusan sesuai dengan metode yang digunakan.

Adapun kelebihan dan kekurangan dari SPSS sendiri adalah sebagai berikut:

Kelebihan:

  • SPSS mampu mengakses data dari berbagai jenis format yang ada, sehingga data yang sudah tersedia dalam berbagai format dapat digunakan langsung untuk melakukan analisis data.
  • Tampilan data yang diberikan SPSS lebih informatif sehingga mempermudah pengguna dalam membaca hasil yang diberikan
  • Informasi yang diberikan lebih akurat, karena SPSS sendiri memberikan informasi dengan memberikan kode alasan jika terjadi missing data
  • SPSS sendiri cukup mudah digunakan, dimana pengguna tidak perlu mempelajari bahasa programming.

Kekurangan:

  • Walaupun friendly user namun program ini tetap tergolong rumit, pengguna program ini minimal harus mengetahui dasar dari ilmu statistik untuk bisa menjalani program ini. Sehingga tidak mengherankan banyak seminar atau pelatihan-pelatihan yang khusus diadakan untuk program SPSS.
  • SPSS tergolong memiliki perkembangan yang cepat. Sehingga kadang tampilan secara fisik berbeda dengan SPSS yang lama dan user harus beradaptasi kembali dengan sistem yang baru. Dan efek lainnya adalah user harus pintar-pintar memilih seri SPSS yang tepat untuk komputernya.
  • Terdapat banyak versi spss yang beredar, sehingga pemilihan spss harus sesuai dengan komputer yang kita gunakan (KN)

Published at :
Written By
Business Management Laboratory
Leave Your Footprint
  1. Selamat sore, Saya Benardy Binusian 2018.
    saya mau tanya apakah Binus menyediakan Program SPSS Gratis untuk mahasiswa?

    • Selamat sore Benardy
      Mengenai program SPSS jika ingin menggunakan program tersebut silahkan datang langsung ke Lab Management Syahdan 🙂

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close