People Innovation Excellence

Tips Ketika Terjadi Gempa Bumi

Pada 23 Januari 2018 yang lalu telah terjadi Gempa yang berpusat di daerah Lebak Banten, dimana titik gempa tersebut sendiri berada di 81 Km barat daya lebak Banten dengan kedalaman 61 KM dibawah laut, dengan kekuatan sebesar 6.1 SR, yang dirasakan juga oleh masyarakat di sekitar kota Tangerang dan Jakarta, dimana setelah gempa dengan kekuatan 6.1 SR tersebut berakhir, terdapat 53 susulan gempa lainnya, yang dirasakan oleh masyarakat Lebak Banten, yang berada didekat pusat titik gempa tersebut. Dengan adanya gemoa tersebut terdapat sebanyak 115 rumah rusak, 1 masjid rusak dan 1 puskesmas rusak yang terletak di provinsi banten.

Dikota kota besar khususnya yang memiliki gedung tinggi dan menjadi pusat perekonomian seperti Jakarta yang mempunyai banyak gedung tinggi, apabila terjadi gempa bumi, maka yang harus diperhatikan oleh orang orang yang terdapat didalam gedung tersebut adalah:

  1. Dimanapun anda berada jangan panik, jika anda saat itu sedang berada didalam rumah dan tidak bisa keluar dari rumah, maka segera berlindung dibawah meja kayu ataupun lindungi kepala dengan bantal.
  2. Jika anda berada didalam sebuah mall, bioskop ataupun gedung tinggi, jangan panik kemudian ikuti semua petunjuk dari petugas ataupun pemberi petunjuk
  3. Jika pada saat terjadi gempa bumi jangan menggunakan lift, jika anda sedang berada didalam lift saat gempa bumi terjadi, segera tekan seluruh tombol yang ada, dan ketika lift sudah berhenti segera keluar dan liat situasi dan kondisi, serta segera pergi mengungsi, jika anda tetap terjebak didalam lift segera hubungi management gedung dari interphone dan ikuti instruksi yang ada.
  4. Jika anda sedang berada didalam kereta api, berpeganglah yang kuat, hal ini membantu anda agar tidak jatuh ketika kereta diberhentikan mendadak. Segeralah keluar dan ikuti instruksi dari petugas ketika kereta sudah berhenti.
  5. Jika anda berada didalam mobil segeralah menepi di kiri jalan, ikuti instruksi dari radio atau segera keluar dari mobil dan hindari dibawah kolong jembatan atau apapun yang menyebabkan keruntuhan.
  6. Jika anda berada di gunung, maka segeralah mencari tempat yang aman, terdapat kemungkinan bahwa dapat terjadi longsor, hal sebaliknya anda lakukan ketika anda berada dipantai segeralah menuju tempat tinggi, gempa bumi dapat menimbulkan potensi tsunami.
  7. Ketika gempa bumi sudah berakhir maka anda dapat menolong orang orang disekitar anda yang membutuhkan pertolongan, dalam hal ini tenaga medis tentu akan cukup kesulitan untuk mencapai lokasi reruntuhan (jika terjadi reruntuhan).
  8. Dengarkan informasi dimanapun anda berada, jangan panik, hindari benda benda yang tinggi dan besar seperti pohon, ataupun tiang listrik dan sebagiannya, selain itu jika terdapat kesempaatn untuk berada diluar dan tanah luas segeralah mengungsi ke tempat tersebut hingga kondisi sudah benar benar aman.

Itulah beberapa hal yang dilakukan seperti untuk melindungi diri anda sendiri dan orang orang disekitar anda ketika gempa bumi terjadi. (KN)


Published at :
Written By
Business Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close