People Innovation Excellence
 

KARAKTER MANUSIA SECARA DISC

DISC merupakan sebuah singkaan yang terdiri dari Dominance, Influence, Conscitieous dan Steadiness. Keempat hal tersebut merupakan karakter yang dimiliki oleh masing-masing tiap orang, tentu saja setiap orang akan memiliki karakter yang berbeda, bisa satu karakter yang dimiliki atau lebih. Didalam dunia kerja ataupun aktifitas sehari hari, kombinasi atau karakter tersebut tentu saja memiliki arti masing-masing, yang secara umum dapat digambarkan sebagai berikut:

  • Dominance merupakan karakter orang yang memiliki sifat dominan dibandingkan dnegan orang-orang yang disekitar, dalam bidang tugas atau pekerjaan, orang yang berkarakter dominance akan cenderung berfokus kepada penyelesaian tugas dan bersifat aktif. Dalam menghadapi karakter orang dominance sendiri, terdapat beberapa hal yang harus dilakuakn, seperti menghindari kata terserah, memberikan apresiasi atas apa yang sudah mereka lakukan dan to the point, sehingga dalam mengambil keputusan mereka akan langsung menyampaikannya tanpa basa basi.
  • Influence merupakan karakter yang berfokus terhadap sesama atau sekitarnya dan bersifat aktif, artinya orang yang berkarakter ini cenderung lebih berfokus dengan hubungan orang oranng yang disekitarnya dan suka mengajak komunikasi dengan orang orang disekitarnya dan suka memberikan usulan mereka, seperti apabila terdapat beberapa rencana mereka akan mengusulkan beberapa tempat atau aktifitas yang menyenangkan menurut mereka. Dengan kata lain komunikasi yang dilakukan dengan orang berkarakter influence akan sangat seru, dan dapat menyusun rencana yang sangat menyenangkan, namun kelemahan dari sifat atau karakter ini adalah sangat senang dipuji atas apa yang mereka lakukan.
  • Conscitieous salah satu karakter manusia yang berfokus kepada pekerjaan namun bersifat pasif, orang ornag yang memiliki karakter ini cenderung memiliki sifat detail dan teliti terhadap segala hal yang dilakukan. Sehinnga keputusan yang dibuatpun juga sudah melewati analisis dan juga sangat sistematis, sehingga apabila berlebihan maka rasa aneh akan muncul. Untuk menghadapi orang dengan karakter ini yang dibutuhkan adalah kesabaran ekstra karena sifat detail dan teliti yang dimilikinya, lebih terstruktur dan jangan terlalu suka mengkritik orang dengan karakter ini.
  • Steadiness dimana karakter yang befokus pada orang disekitarnya dan bersfat pasif, pada umumnya tipe orang berkarakter ini akan ikut saja pada yang sudah direncanakan, stabil, tidak meledak ledak, tekun dan sangat baik, namun karakter ini sangat menghindari sebuah konflik atas apa yang mereka lakukan, selain itu karakter ini juga sangat sensiftif terhadap kritikan. Untuk mengahadapi karakter ini yang dibutuhkan adalah basa basi ketika ingin memulai percakapan, lalu jangan memberikan hal yang mendadak yang juga tak berencana dan juga sebagai pendengar yang baik untuk orang dengan karakter ini disaat mereka menghadapi masalah. (KN)

Published at :
Written By
Business Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close