People Innovation Excellence
 

Penciptaan Unicorn Startup Indonesia

Globalisasi mendorong aksesibilitas lintas negara yang sangat cepat dan berkembang pesat. Pada era saat ini, bisnis digital sangat diminati oleh masyarakat dunia dan implementasi pengguna media digital seperti sosial media. Perkembangan teknologi semakin menjamur saat ini, penciptaan startup secara global dilakukan di berbagai negara. Para pelaku bisnis yang sangat jeli dengan peluang bisnis digital mulai bermunculan, selama peningkatan pengguna internet semakin berkembang maka bisnis digital akan semakin potensial untuk digeluti.

Fenomena bisnis startup di Indonesia semakin digandrungi dan menjadi tren bagi generasi millenial. “Fenomena startup maraknya itu 2013-2014, munculnya Gojek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, walaupun mereka sebenarnya sudah mulai dari 2010-2011. Ini karena digital sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari dan mengubah banyak hal, termasuk cara kita berteman sampai jalan-jalan, dan ini sebuah peluang buat milenial,” kata Yansen Kamto selaku Chief Executive Kibar Kreasi Indonesia.

Saat ini Indonesia telah memiliki 4 perintis unicorn startup yang mulai dilirik oleh para investor asing dengan valuasi diatas US$ 1 Miliar (Rp 13,8 Triliun) diantaranya yaitu Tokopedia dengan valuasi sebesar Rp 50 Triliun, Gojek dengan valuasi sebesar Rp 40 Triliun, Traveloka dengan valuasi sebesar Rp 26 Triliun serta Bukalapak dengan valuasi sebesar Rp 15 Triliun. Perkembangan unicorn startup di Indonesia dipengaruhi oleh jumlah pengguna internet di Indonesia sebesar 123 juta dengan posisi ke-6 sebagai negara dengan pengguna internet tertinggi di dunia yang berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, menargetkan Indonesia memiliki lima startup dengan predikat ‘unicorn’ pada tahun 2019 mendatang. Untuk jangka panjang tahun 2020 nanti, Kemenkominfo mempersiapkan 44 startup lokal untuk ‘go unicorn’. Soal target yang ingin dicapai pada tahun 2020 nanti, Rudiantara membuatnya berdasar pada perhitungan rasio keberhasilan startup didunia sebesar 4 persen pada tahun 2017, diperkirakan dari 100 startup, ada 96 yang gugur. Pemerintah menggenjot pertumbuhan startup demi meningkatkan perekonomian nasional, selain target 44 startup yang hendak dicetuskan pada tahun 2020, pemerintah terus menjalankan program 1.000 startup digital untuk menunjang perluasan ekonomi Indonesia. (MA)

Sumber :

http://strategimanajemen.net/2017/12/11/4-unicorn-start-up-indonesia-dan-pelajaran-gila-tentang-valuasi-digital-busines/

https://tekno.kompas.com/read/2017/11/16/15351987/2020-indonesia-targetkan-punya-44-startup-unicorn-ini-daftarnya


Published at :
Written By
Business Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close