People Innovation Excellence
 

Seminar International “How to Build Your Career in Digital Era”

Perkembangan jaman yang diiringi oleh kemajuan teknologi telah menuntut setiap individu untuk men-fleksibilitaskan diri dalam beradaptasi di era serba digital ini. Hal ini sangat dirasakan oleh generasi millenial yang mulai bertumbuh sejak tahun 1980 sampai dengan tahun 1994 dan generasi Z dengan rasio kelahiran pada tahun 1995 sampai dengan tahun 2010. Saat ini ‘pakar’ digital era diduduki oleh generasi alfa dengan tahun kelahiran mulai dari tahun 2010 sampai sekarang. Kehadiran generasi alfa sudah disambut dengan berbagai macam atribut teknologi yang sangat canggih sebagai media penunjung informasi, komunikasi dan aktivitas sehari-hari, contohnya seperti kualitas jaringan internet yang semakin mendukung aktivitas sosial media seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya serta ciri khas perilaku generasi alfa yang komunikatif dan proactive dalam menggunakan teknologi.

Digital era tidak hanya memudahkan aksesibilitas informasi secara global akan tetapi memunculkan persaingan yang cukup tinggi seperti kompetisi untuk mendapatkan pekerjaan dengan kualitas diri dan pencapaian individu yang berbeda-beda serta standar kualitas pekerja yang menjadi target para penyedia lapangan pekerjaan. Oleh sebab itu, pada era digital saat ini sangat penting untuk meniti karir terbaik sejak dini. Karir merupakan jenjang pekerjaan yang dimiliki oleh individu dengan misi dan pencapaian diri. Karir dengan kualitas baik dan professional akan menjadi nilai tambah bagi individu dalam memperluas jaringan sosial.

Lalu, Bagaimana cara membangun karir berkualitas di era digital ini? inilah pertanyaan umum yang sering masuk dalam daftar pencarian para pemburu pekerjaan. Oleh sebab itu, Business Management Laboratory mengadakan seminar “How to Build Your Career in Digital Era” bekerja sama dengan Jebsen & Jessen Technology Indonesia yang telah dilaksanakan pada tanggal 07 Juni 2018 bertempat di Bina Nusantara University, Alam Sutera Main Campus. Pembicara yang hadir pada seminar tersebut adalah Mr. Michael Nielsen selaku CEO of Jebsen & Jessen Technology Indonesia. Dengan target peserta seminar yaitu mahasiswa/i BINUS University maupun non-Binusian dengan jumlah peserta 274 orang.

Antusiasme  mahasiswa/i untuk menghadiri seminar “How to Build Your Career in Digital Era” sangatlah tinggi, hal ini sangat dipengaruhi oleh tema yang sangat cocok di kalangan generasi muda mulai dari generasi millenial sampai dengan generasi alfa sehingga materi yang disampaikan oleh Mr. Michael Nielsen dinilai sangat bermanfaat untuk meniti karir cemerlang didunia kerja nanti. Acara dimulai dengan pembukaan dari MC, kemudian materi mulai disampaikan oleh Mr. Michael Nielsen diawali dengan pengenalan mengenai social media yang sering digunakan dan familiar dikalangan generasi muda seperti Facebook dan Instagram.

Beliau sangat komunikatif dalam menyampaikan materi kepada peserta sehingga seminar dapat berjalan cukup kondusif. Sub-topik yang dibahas dalam seminar ini diantaranya yaitu The future of hiring and being hired, Job market competition, Benefits & Opportunities serta The pitfalls. Topik ini merupakan elemen utama sebagai strategi untuk membangun karir di era digital.

Sosial media merupakan alat modern yang dilakukan oleh para recruiter dalam mencari pelamar yang dinilai pantas untuk diterima. Banyak yang belum menyadari dampak dari social media bagi karir seseorang. Saat ini, recruiter akan melakukan pencarian aktivitas sehari-hari para pelamar pekerjaan melalui social media seperti Facebook dan Instagram serta Linkendin untuk menilai karir dan pengalaman profesionalitas kerja. Recruiter akan memprioritaskan pelamar yang memiliki profile online yang baik dan jejaring sosial yang luas karena profile online dapat dijadikan ciri khas yang dapat mempengaruhi karakteristik dan perilaku dari pelamar tersebut. Menurut Rupert Murdoch, “Our reputation is more important than the las hundred million dollars”. Reputasi merupakan citra diri dari para pelamar yang dapat terlihat secara tersirat melalui social media. Berdasarkan penelitian, 54% recruiter menolak pelamar pekerjaan dipengaruhi oleh social media yang berisi konten bersifat proactive dan tidak pantas, drugs, bullying, diskriminasi dan politik.

Manfaat dan peluang dari sosial media yaitu untuk membangun karir di era digital, diperlukan ciri khas diri yang mulai di bangun sejak dini seperti portofolio digital untuk meningkatkan interaksi dan jaringan sosial, menambah wawasan dan pendidikan melalui sharing ilmu, keahlian serta pengalaman diri untuk menciptakan reputasi diri yang baik dan memenuhi harapan dari berbagai perusahaan untuk menerimanya.

Sebagai bentuk apresiasi dan terimakasih dari Business Management Laboratory memberikan plakat dan sertifikat kepada Mr. Michael Nielsen selaku CEO of Jebsen & Jessen Technology Indonesia yang telah bersedia menjadi pembicara dalam kegiatan seminar “How to Build Your Career in Digital Era”. Semoga seminar ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa/i Bina Nusantara University maupun Binusian dalam mempersiapkan diri untuk membangun karir cemerlang di dunia profesional nanti. (MA)


Published at :
Written By
Business Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close