People Innovation Excellence
 

Kunjungan Industri Tahu Susu Lembang

 

Pada hari Senin, 20 Agustus 2018, Business Management Laboratory Assistants BINUS Business School Undergraduate melakukan kunjungan industri ke rumah produksi tahu susu yang berada di Lembang. Rumah produksi tahu susu Lembang ini sudah dikenal menjadi salah satu trademark yang wajib dikunjungi ketika datang ke Lembang. Pada hari itu, para asisten yang dinaungi oleh BBS Undergraduate mendapat suatu kesempatan untuk melihat langsung proses produksi tahu susu serta penjelasan mengenai rumah produksi tahu susu Lembang itu sendiri.

Rumah Produksi Tahu Susu Lembang yang terletak di Jalan Raya Lembang no. 177, Lembang ini sudah berdiri semenjak akhir tahun 2008. Salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh tahu susu Lembang ini adalah fasilitas drive thru yang berbentuk seperti SPBU. Tentu hal ini menjadi kelebihan dari Tahu Susu Lembang untuk melayani konsumennya yang sedang terburu-buru oleh jadwal kegiatan lainnya.

Tahu Susu Lembang ini berbeda dari tahu lainnya karena dalam proses pembuatannya menggunakan susu sapi murni dan margarin yang membuat tahu ini renyah diluar dan lembut didalam. Tahu susu ini terbuat dari kacang kedelai, susu sapi segar, margarin, bawang putih, biang tahu, kunyit, garam, serta air.

Proses produksi Tahu Susu Lembang dimulai dari proses perendaman kacang kedelai selama 4 jam. Setelah direndam, berikutnya kacang kedelai dicuci hingga bersih dan digiling hingga lembut. Kacang kedelai yang digiling kemudian direbus selama kurang lebih 1 jam sambil diaduk secara berkala. Berikutnya kacang kedelai disaring untuk memisahkan antara ampas dan sari kedelai.

Proses berikutnya adalah pencampuran sari kedelai dicampur susu murni, mentega, garam, dan biang tahu. Sari kedelai yang dicampur kemudian ditunggu mengental terlebih dahulu kemudian dimasukkan ke dalam cetakan kayu untuk di pres. Dari cetakan kayu, tahu susu kemudian dipotong-potong sesuai dengan ukuran. Tahu yang dipotong kemudian direbus kembali bumbu berupa kunyit atau bawang putih yang tergantung jenis tahunya. Tahu kemudian didinginkan dan dibungkus, serta sudah menjadi siap dikonsumsi.

Proses pembuatan tahu susu lembang memang tidak jauh berbeda dengan pembuatan tahu pada umumnya akan tetapi bahannya yakni susu sapi yang murni dan segar yang membedakan tahu ini dibandingkan yang lain. Tak hanya itu fasilitas berupa restoran dan pusat oleh-oleh yang di Tahu Susu Lembang yang membuat tempat ini wajib untuk dikunjungi ketika datang ke Lembang. (NA/ME)

 

 


Published at :
Written By
Business Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close