People Innovation Excellence
 

International Seminar “How to Achieve a More Company-Oriented Logistics Academic Education

Gerakan revolusi industri tidak akan pernah padam sejak tahun 1750 sampai saat ini, bisnis industri semakin digeluti dan mendunia dengan kendali dan kesiapan generasi-generasi millennial yang sudah “melek” teknologi, hal ini merupakan salah satu realita bahwa pertumbuhan industri akan semakin meraksasa. Dunia industri sangatlah melekat dengan bidang ‘logistics’. Logistics adalah ilmu teknik yang berguna untuk menyediakan dan memastikan pergerakan atau distribusi barang dan jasa agar berjalan sesuai tata kelola yang sudah dirancang oleh suatu perusahaan secara efektif dan efisien.

Saat ini hal utama yang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan eksistensi industri yaitu manajemen logistics yang tepat dan cepat tanggap guna menghindari segala resiko yang mungkin terjadi dan meningkatkan performa perusahaan yang semakin unggul dari pesaingnya. Salah satu negara dengan kemajuan industry dan logistics terbaik serta diakui oleh dunia yaitu Jerman. Pemerintah Indonesia pun berguru dengan pemerintah Jerman dalam riset penelitian dan pengembangan industri di Indonesia yang mempengaruhi seluruh aspek untuk masyarakat salah satunya adalah distribusi logistics barang dan jasa maupun pertumbuhan lapangan kerja dalam bidang industri.

Oleh sebab itu, Business Management Laboratory mengadakan International Seminar “How to Achieve a More Company-Oriented Logistics Academic Education” yang bekerja sama dengan AHK Indonesia (EKONID) dan Kuehne Foundation yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 September 2018 bertempat di Bina Nusantara University, Anggrek Main Campus. Pembicara yang hadir dalam seminar ini yaitu Mr. Dr Andre Kreie selaku Director Global Logistics Education Program with the Kuehne Foundation & Vice Dean at the German Academy for Foreign Trade and Logistics serta Mr. Sven Gunnar Peterson selaku Head of Advanced Vocational Education with DAV German Academy for Foreign Trade and Logistics. Dengan target peserta yaitu mahasiswa/i BINUS University maupun non-binusian dengan jumlah peserta hadir dan mengikuti seminar sebanyak 488 peserta.

Jumlah peserta yang membludak menjadi salah satu bukti bahwa bidang logistics semakin digeluti dan meningkatnya kesadaran mahasiswa/i akan peluang sharing knowledges secara langsung oleh para praktisi bisnis industri dari negara German. Antusiasme mahasiswa/i ini sebagai bentuk apresiasi dan semangat untuk membangkitkan revolusi industri di Indonesia yang bercermin dari ilmu dan pengalaman yang dimiliki oleh pembicara yang kami hadirkan langsung dari negara German.

Acara dimulai dengan pembukaan dari MC oleh Aliyah Nurjannah Aswin dan Debby Laurinta selaku Asisten Laboratory Business Management kemudian materi mulai disampaikan oleh Mr. Dr. Andre Kreie terlebih dahulu dengan memulai pengenalan profile perusahaan dari Kuehne Foundation dan DAV German for Foreign Trade & Logistics Academy kemudian dilanjutkan dengan pembukaan materi mengenai digitalization logistics oleh Mr. Sven Gunnar Peterson yang mengungkapkan realitas dunia logistics di negara German yang semakin bertumbuh secara digital dan warehouse management.

Digitalization Logistics merupakan revolusi proses dan pergerakan distribusi barang dan jasa secara digital guna mengatasi segala hambatan dan meningkatkan kecepatan pelayanan penyediaan barang yang sesuai dengan permintaan konsumen. Digitalization logistics merupakan salah satu kunci kesuksesan management pasokan barang dalam bidang industri. Salah satu contoh hasil penerapan digitalization logistics adalah automated warehousing yang sudah diimplementasikan oleh beberapa perusahaan multinasional dengan sistem komputerisasi dan robotic. Kelebihan dari digitalization logistics yang diterapkan oleh negara German yaitu kecepatan performa yang canggih namun tidak mengurangi kesempatan lapangan pekerjaan. Hal ini dikarenakan oleh tenaga manusia yang dialokasikan sebagai operator dan sistem pendukung utama yang mengendalikan seluruh proses kerja komputerisasi tersebut.

Sebagai bentuk apresiasi dan terimakasih dari Business Management Laboratory memberikan plakat kepada Mr. Dr. Andre Kreie dan Mr. Sven Gunnar Peterson yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk menjadi pembicara serta berbagi ilmu dan pengalaman dalam bidang logistics dalam International seminar “How to Achieve a More Company-Oriented Logistics Academic Education”. Semoga melalui International seminar ini diharapkan mahasiswa/i Bina Nusantara University dapat memetik ilmu yang didapat oleh para praktisi selaku pembicara. (MA)


Published at :
Written By
Business Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close