People Innovation Excellence
 

International Lecture “How to Relate Your Passion in Japanese Companies With Their Unique Business Etiquette”

Passion atau kegemaran merupakan salah satu kunci utama bagi pengembangan diri. Passion dijadikan salah satu alat motivasi seseorang untuk mencapai harapan, cita-cita hingga tujuan hidup untuk masa depan. Pengusaha yang sukses mengembangkan bisnisnya memiliki passion yang kuat dan telah related dengan karakteristik diri sendiri. Saat ini, banyak sekali individu yang terkurung dalam suatu rutinitas pekerjaan yang tidak sesuai dengan kegemaran atau passion sehingga seseorang tersebut tidak memiliki goals dan sulit untuk mencapai perkembangan dirinya.

Menyadari kasus yang seringkali terjadi dan dialami oleh seseorang, Business Management Laboratory mengadakan International LectureHow to Relate Your Passion in Japanese Companies With Their Unique Business Etiquette” by Mariko Asmara, Chairman of PT JAC Recruitment Indonesia dan Film Caravan Discussion “Happy Flight” by Kato Daisuke, Deputy Director of The Japan Foundation yang telah dilaksanakan pada tanggal 03 Oktober 2018 bertempat di Bina Nusantara University, Alam Sutera Main Campus. Dengan target peserta yaitu mahasiswa/i Bina Nusantara (BINUS) University maupun non-binusian dengan jumlah peserta hadir dan mengikuti seminar sebanyak 269 peserta. International Lecture ini bertujuan untuk memotivasi mahasiswa/i Bina Nusantara (BINUS) University untuk mengenali diri sendiri dan menggali passion yang dimilikinya sehingga mahasiswa/i dapat membangun bisnis yang sesuai dengan passion dan kegemarannya.

Tema dan judul yang sesuai dengan realita yang dialami oleh mahasiswa/i Bina Nusantara (BINUS) University menjadi salah satu daya tarik pelaksanaan International Lecture ini. Antusiasme mahasiswa/i untuk mengetahui tips dan trik ampuh dalam mengenali diri dan mengetahui passion atau kegemaran membuat pembicara yaitu Mariko Asmara dan Kato Daisuke sangat bersemangat dalam menyampaikan kunci sukses pengembangan passion dan pemahaman mengenai etika bisnis berdasarkan pada pengalaman dan para praktisi secara langsung dari perusahaan-perusahaan besar yang berasal dari Jepang.

Acara dimulai dengan pembukaan dari MC oleh Evan Bert dan Lingga Chai selaku Asisten Business Management Laboratory. Sebelum acara dimulai, diawali oleh welcoming speech yang diberikan oleh Ibu Yuli Eni selaku Head of Business Management Laboratory dan Ibu Respati Wulandari selaku Head of Internationalization & Partnership Program. Kemudian acara diserahkan kepada pihak JAC Recruitment untuk memulai penyampaian presentasi International Lecture oleh Mariko Asmara, Chairman of PT JAC Recruitment Indonesia. International Lecture diawali oleh pertanyaan yang dilempar langsung kepada audience mengenai kondisi pekerja di Indonesia dan tingginya angka pengangguran di Indonesia disebabkan oleh ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap lapangan pekerjaan.

Jepang merupakan salah satu negara unggul yang menjadi panutan negara-negara lain dalam pengembangan bisnis dan usaha kecil menengah (UKM). Perusahaan-perusahaan Jepang memiliki etika bisnis yang sesuai dan tepat sasaran dengan kegemaran atau passion bagi para pekerjanya sehingga bisnis dapat berjalan dengan optimal dan maksimal performance. Etika Bisnis yang dibangun oleh warga Jepang yaitu pengembangan soft skills dan pencapaian prestasi atau tingkatan jabatan yang sangatlah fleksibel berdasarkan pada kemampuan diri dan motivasi kerja yang dimiliki. Etika bisnis sangatlah dipengaruhi oleh passion atau kegemaran pekerja, pekerja yang memiliki passion akan menghasilkan pekerjaan yang baik dan peningkatan loyalitas terhadap pekerjaan tersebut, hal ini dapat menghasilkan terbentuknya etika bisnis yang sesuai dan berkualitas.

Sesi berikutnya disampaikan oleh Kato Daisuke, Deputy Director of The Japan Foundation dengan materi film caravan discussion “Happy Flight”. Pada sesi ini mahasiswa/i Bina Nusantara (BINUS) University sangatlah antusias dikarenakan seminar kali ini memiliki 2 sesi materi yang berbeda dan sangatlah menarik. Pada sesi ini, Kato Daisuke dan penerjemahnya menyampaikan maksud dan tujuan pemutaran film “Happy Flight” yang sangat berkaitan erat dengan International Lecture mengenai passion dan bisnis etiket yang telah disampaikan oleh Mariko Asmara di sesi sebelumnya.

Sebagai bentuk apresiasi dan terimakasih dari Business Management Laboratory memberikan sertifikat International Lecture kepada Mariko Asmara, Chairman Of PT JAC Recruitment Indonesia dan pemberian plakat kepada Kato Daisuke, Deputy Director of The Japan Foundation yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk menjadi pembicara serta berbagi ilmu dan pengalaman dalam bidang logistics dalam International Lecture dan Film caravan discussion. Semoga melalui International Lecture dan Film Caravan discussion ini diharapkan mahasiswa/i Bina Nusantara (BINUS) University dapat memetik ilmu yang didapat oleh para praktisi selaku pembicara. (MA)


Published at :
Written By
Business Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close