People Innovation Excellence
 

MUSIK KIAN POPULER, APLIKASI STREAMING MUSIK MEROKET

Musik merupakan nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (KBBI). Dari dulu hingga sekarang, musik masih terus digemari masyarakat dari berbagai kalangan umur. Musik pun telah mengalami banyak perubahan dari segi lirik lagunya, genre musik hingga cara mendengarkan musiknya

Di kalangan anak muda sekarang, anak muda suka mendengarkan musik dengan headset atau headphone atau menggunakan speaker. Mereka mendengarkan musik dalam perjalanan, saat bekerja di kantor bahkan saat belajar bagi kalangan siswa atau mahasiswa. Mendengarkan musik kini menjadi aktivitas kedua terpopuler ketika anak muda menggunakan smartphone, dimana aktivitas pertama populer adalah mengambil foto atau gambar dengan smartphone. Maka dapat disimpulkan bahwa mendengar musik telah menjadi suatu hal yang wajib bagi anak muda generasi sekarang.

Cara mendengarkan musik kini juga sudah berubah, anak muda tidak lagi mengunduh musik melainkan mererka melakukan streaming musik secara online. Streaming musik memiliki keuntungan, salah satunya pengguna dapat mendengarkan musik secara legal dengan seleksi yang dan adanya musik lokal (Indonesia) yang tersedia di aplikasi tertentu. Streaming musik tentu juga memiliki kelemahan yakni membutuhkan jaringan internet untuk mengakses musik yang ingin di dengarkan namun hal ini tidak menjadi masalah bagi sebagian penggguna karena akses jaringan internet yang sudah semakin baik. Terlepas dari kelebihan dan kelemahan, streaming musik menjadi cara yang populer mendengarkan musik saat ini.

Aplikasi yang dapat digunakan untuk streaming musik di Indonesia pun sudah cukup banyak. Kini di Indonesia sudah tersedia aplikasi seperti Joox, Spotify, Google Play Music, Apple Music, Soundcloud, Bandcamp, langitmusik dan beberapa aplikasi lainnya. Sebagian dari aplikasi tersebut ada yang memiliki model gratis dengan iklan atau berbayar tanpa iklan serta fitur tambahan. Aplikasi streaming musik berbayar paling populer di Indonesia berdasarkan survei Dailysocial.id saat ini adalah JOOX, kemudian diikuti oleh Spotify dan diikuti oleh Langitmusik. Masih terdapat beberapa aplikasi lainnya, namun tidak sepopuler ketiga aplikasi di atas berdasarkan survei ini.

Industri streaming musik online di Indonesia tentu masih menggiurkan. Diperkirakan nilai industri streaming musik di Indonesia akan mencapai 9 Milyar USD pada tahun 2022. Angka itu tidak terlalu fantastis jika dibandingkan industri lain akan tetapi kebiasaan pengguna mendengarkan musik dapat menjadi alasan lain yang membuat industri menarik. Kenyataannya para pengguna menghabiskan waktu yang cukup banyak mendengarkan musik setiap minggunya, berdasarkan survei Dailysocial.id rata-rata pengguna menghabiskan 1-14 jam tiap minggunya mendengarkan musik secara online melalui aplikasi. Waktu yang dihabiskan pun dapat dikatakan cukup banyak dan menujukkan kebutuhan orang untuk mendengarkan musik dalam kehidupan sehari-hari.

Persaingan di industri juga semakin ketat karena terdapat pangsa pasar yang menggiurkan. Para pemain industri ini pun terus berinovasi dan mengembangkan aplikasinya untuk menarik pengguna memilih aplikasinya dibandingkan aplikasi yang lain. Masing-masing pemain pun telah mengembangkan strategi sendiri untuk menggaet pengguna baru mulai dari diskon akun premium, hingga konten artis eksklusif di aplikasi streaming musik tertentu. Posisi nomor satu yang saat ini dipegang oleh Joox pasti akan mengalami pertentangan oleh rivalnya  seperti Spotify dan Apple Music. Kini kita hanya dapat melihat bagaimana industri berkembang berikutnya di tengah persaingan ketat ini. (ME)


Published at : Updated
Written By
Business Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close