People Innovation Excellence
 

E-COMMERCE & SOCIAL COMMERCE, MENGAJAK TEMAN BELANJA ONLINE (GROUPBUY & SHAREBUY)

Orang Indonesia kini sudah tidak asing lagi dengan istilah E-Commerce dan sudah mulai terbiasa menggunakan E-Commerce untuk berbagai barang kebutuhannya. Di Indonesia kini, total nilai penjualan barang melalui E-Commerce mencapai 7.056 Milyar US Dollar atau setara 102 Trilliyun Rupiah. E-Commerce di Indonesia sebesar 22% dari tahun sebelumnya yang menandakan bahwa orang Indonesia sudah mulai mengadopsi E-Commerce untuk membeli barang-barang kebutuhannya.

Para pemain E-Commerce pun memiliki berbagai cara untuk menarik orang-orang agar belanja online. Berbagai E-Commerce telah ikut menyelenggarakan pesta diskon dan promo besar-besaran pada tanggal 9.9, 10.10, 11.11 (Singles Day) dan 12.12 (Hari belanja online nasional). Tak hanya promo dan diskon, E-Commerce juga menarik pengguna baru untuk belanja online melalui game di aplikasi seperti Goyang Shopee, Spin & Win Bukalapak, Blibli Histeria (Menggunakan Augmented Reality) dan masih banyak lagi permainan dari E-Commerce untuk menarik pengguna baru. Acara TV pun juga digunakan sebagian E-Commerce, misalnya ada acara TV Netplay Tokopedia, Acara Shopee saat tanggal cantik dan Acara TV Lazada saat Hari Belanja Online Nasional. Terdapat pula satu cara unik untuk menarik pengguna berbelanja yang diterapkan oleh Jd.id dan Shopee. Cara itu adalah dengan menerapkan Social Commerce.

Social Commerce merupakan konsep E-Commerce yang memanfaatkan media sosial untuk mendukung penjualan dan pembelian produk di E-Commerce tersebut. Social Commerce biasa menggunakan sistem rating, referral, komunitas online dan social advertising untuk mendukung orang belanja online. Berbagai E-Commerce sudah menerapkan Social Commerce dengan adanya sistem rating untuk penjual di halaman produknya. Beberapa E-Commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak juga memiliki sistem referral untuk menarik pengguna baru, akan tetapi terdapat satu konsep Social Commerce yang terbilang yang diterapkan JD.id dan Shopee. Social Commerce yang diterapkan mereka bernama Sharebuy & Groupbuy.

Sharebuy (JD.id) & Groupbuy (Shopee) merupakan suatu bentuk social commerce di mana jika dua pembeli atau lebih membeli suatu barang secara bersama-sama maka kedua pembeli tersebut akan memperoleh potongan harga barang yang dibelinya. Kedua E-Commerce tersebut memilki sistem ini untuk mendorong seorang pembeli mengajak temannya untuk belanja bersama-sama untuk memperoleh diskon. Ajakan untuk membeli produk ini pun dapat dibagikan melalui media sosial atau aplikasi pengiriman pesan (Whatsapp, Line, Messenger) yang dalam bentuk tautan ke halaman pembelian produk. Sharebuy dan Groupbuy pada dasarnya sama, namun tetap ada beberapa perbedaan antara kedua platform tersebut.

Diskon yang diperoleh jika membeli secara bersama dengan teman kurang lebih sama, baik Groupbuy atau Sharebuy memiliki batas waktu tertentu untuk mengajak teman untuk ikut berbelanja membeli produk yang sama. Perbedaannya tentu terletak pada penampilan di aplikasinya. Sharebuy milik JD.id menampilkan harga diskonnya saja dan besar diskonnya tanpa menampilkan harga asli barangnya (Harga asli dapat dilihat jika membuka halaman produk tersebut), sedangkan Groupbuy milik Shopee menampilkan harga asli dan harga diskonnya saja. Cara untuk mengajak teman berbelanja melalui tautan yang dibagikan juga sama yakni melalui media sosial atau aplikasi messaging. Perbedaan yang nampak adalah pada saat Groupbuy/Sharebuy, di aplikasi Shopee pengguna dapat melihat kembali Groupbuy yang telah berhasil melalui halaman Grup Saya sedangkan aplikasi JD.id lebih sulit melihat Sharebuy yang telah berhasil karena hanya dapat dilihat kembali melalui halaman All Orders yang sedang berlangsung. Tentu terdapat beberapa perbedaan namun pada dasarnya Social Commcerce yang kedua E-Commerce adalah sama.

Istilah Groupbuy & Sharebuy masih belum terlalu terkenal di Indonesia saat ini. Groupbuy & Sharebuy sudah berusaha diperkenalkan melalui Acara Harbolnas 12.12 kemarin dengan berbagai promo khusus jika membeli dengan cara ini. Sebagai perbandingan, di China JD.com sudah menerapkan sistem Sharebuy dan telah menjadi salah satu cara tersukses dan terpopuler menarik orang untuk ikut berbelanja. Konsep Groupbuy & Sharebuy masih terasa asing di orang Indonesia, kedua E-Commerce terus berusaha memperkenalkan konsep ini. Kedepannya Groupbuy & Sharebuy dapat menjadi cara yang baik untuk meningkatkan belanja online karena merupakan konsep yang unik dan baru. (ME)


Published at :
Written By
Business Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close