People Innovation Excellence
 

SIAPKAH INDONESIA MENGHADAPI MEGATREND ERA DI TAHUN 2020 ?

Perkembangan zaman yang sangat cepat memasuki tahap era yang semakin berkembang dan canggih pula. Perubahan zaman mempengaruhi evolusi generasi pada era tersebut, diawali oleh evolusi generasi baby boomers pada rentang waktu 1960-an, muncullah generasi berikutnya yaitu generasi X pada rentang waktu 1961-1980. Generasi X merupakan generasi pertama yang mulai mengenal kehadiran teknologi seperti komputer, radio, televisi dan lain sebagainya. Setelah generasi X, lahirlah generasi Y sampai dengan generasi millenial pada rentang waktu 1981-1994. Pada era lahirnya generasi ini sudah dikelilingi oleh kehadiran teknologi yang lebih canggih sebagai pengaruh era globalisasi seperti kemunculan internet, smartphone hingga fasilitas-fasilitas berbasis teknologi. Pada rentang waktu 1995-2010, muncul lagi generasi baru yaitu generasi Z. Generasi Z adalah generasi yang sangat melek dengan kecanggihan teknologi dan varian pemanfaatannya, generasi z lahir di era serba canggih dan praktis. Pada saat ini, lahirlah generasi Alpha yang memiliki karakteristik sebagai generasi transformasi digital. Digitalisasi berbagai aspek kehidupan menjadi kebutuhan utama bagi generasi Alpha untuk berkembang. Megatrend adalah suatu perubahan besar dalam sosial, ekonomi, politik dan teknologi yang lambat terbentuk dan setelah terjadi perubahan tersebut dapat berpengaruh dalam jangka waktu yang lama. (Philip Kotler, Manajemen Pemasaran)

Salah satu contoh produk yang termasuk kedalam megatrend yaitu akses internet. Dulu orang-orang mendapat informasi hanya dari koran atau majalah saja, tetapi saat ini masyarakat mendapatkan informasi dengan mudah lewat internet. Selain itu internet juga saat ini digunakan untuk media berbisnis, media kampanye politik sampai media edukasi.  Pada tahun 2020 diprediksi akan memasuki era megatrend, dimana transformasi digital sudah merambah ke segala macam aspek kehidupan dan semua orang dari berbagai jenis generasi dituntut untuk bertransformasi diri menghadapi dan beradaptasi pada era ini. Salah satu contoh megatrend yang sudah terjadi yaitu megatrend dalam bidang pendidikan, saat ini digitalisasi merubah diri dari atribut konvensional seperti pada zaman dulu sebelum teknologi menjamur secara global, alat pendidikan yang utama yaitu buku sebagai sumber ilmu pengetahuan. Saat ini, buku sudah berubah menjadi alat modern pendidikan seperti e-book (buku elektronik) dengan design minimalis dan multifungsi dan berdampak positif untuk mengurangi kerusakaan alam yaitu penebangan pohon untuk bahan baku membuat buku.

Pertumbuhan Megatrend tidak dapat dihindari, oleh sebab itu dibutuhkan bekal diri dan kesiapan mental dari masyarakat dunia untuk menghadapi dinamika era yang berubah sangat cepat. Negara Indonesia tercatat sebagai negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia, hal ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia dapat mengikuti perkembangan zaman yang semakin digital. Hal ini tidaklah cukup, masyarakat Indonesia harus memiliki mental dan kesiapan ilmu dan pola pikir yang berkembang untuk menghadapi eksistensi teknologi yang semakin melekat dan bertransformasi sangatlah cepat. Tidak hanya sebagai ‘penikmat’ kecanggihan teknologi, akan tetapi masyarakat Indonesia harus siap menjadi ‘penakluk’ teknologi pada era Megatrend yang diperkirakan akan lahir pada tahun 2020. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi haruslah ditingkatkan sebagai bekal mental masyarakat Indonesia untuk bergerak bersama merubah topeng bangsa berkembang menjadi bangsa yang maju, maju dalam segala aspek.

Kesiapan Indonesia untuk menghadapi megatrend tahun 2020 sudah mulai terlihat dari berbagai karya bangsa yang mulai bermunculan seperti aplikasi ciptaan bangsa Indonesia hingga performa pemerintah Indonesia yang semakin digital mengikuti perkembangan era digitalisasi saat ini. Hal ini merupakan salah satu bibit kesiapan mental dan IPTEK Negara Indonesia untuk memasuki tahap era baru yaitu era Megatrend di tahun 2020. (MA)


Published at :
Written By
Business Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close