People Innovation Excellence
 

KONDISI PASAR DAN PEMAIN-PEMAIN E-COMMERCE DI AMERIKA SERIKAT

Electronic Commerce (E-Commerce) merupakan kegiatan jual beli barang secara daring (Online) yang kini semakin populer di seluruh dunia. E-Commerce yang tersedia di suatu negara belum tentu tersedia di negara lainnya sehingga e-commerce terpopuler antara satu negara dengan negara yang lain belum tentu sama. Misalnya di China, e-commerce paling populer adalah Alibaba (Taobao & Tmall) dan diikuti oleh JD (JingDong). Sedangkan di Indonesia, e-commerce paling populer adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibi, Jd.id dan Lazada. Di Amerika Serikat pun juga berbeda, e-commerce yang paling populer di sana adalah Amazon.com dan diikuti oleh eBay. Perbedaan pemain e-commerce di berbagai negara, membuat kita harus memahami situasi pasar e-commerce tiap negara namun pada kali ini kita akan membahas yang Amerika Serikat terlebih dahulu.

E-Commerce di Amerika Serikat sudah ada sejak tahun 1999 pada awal kemunculannya Internet di sana, e-commerce di sana pun tidak dapat berkembang jika tidak ada 2 web e-commerce yang mempeloporinya yakni Amazon.com dan eBay. Kedua website tersebut menjadi website e-commerce yang hadir pertama di sana sehingga masyarkat Amerika Serikat dapat membeli suatu barang secara daring (Online). Kini e-commerce di Amerika Serikat tidak hanya terdiri dari dua pemain itu saja dan sudah banyak pemain e-commerce selain mereka. Penjualan retail e-commerce di Amerika Serikat pada tahun 2018 pun sudah mencapai nilai 504.6 Milyar USD yang menunjukkan bahwa e-commerce di sana populer untuk digunakan di kalangan warga Amerika Serikat.

Pemain e-commerce yang paling populer di Amerika Serikat adalah Amazon.com seperti dikatakan sebelumnya. Amazon.com merupakan website e-commerce yang pada awalnya hanya menjual buku namun kini sudah menjual berbagai jenis barang seperti barang elektronik, DVD, pakaian, produk kesehatan dan masih banyak produk lainnya. Rata-rata  Amazon.com tiap bulan dikunjungi oleh 1.87 milyar pengguna tiap bulannya yang membuatnya menjadi website e-commerce paling populer di Amerika Serikat. Website e-commerce kedua terpopuler di Amerika Serikat adalah eBay.com yang merupakan website e-commerce yang bersifat Consumer to Consumer (C2C) di mana pengguna dapat menjual dan membeli barang di website tersebut. Hampir segala jenis barang tersedia di eBay.com, mulai dari barang kebutuhan sehari-hari, barang elektronik, hingga barang-barang antik atau langka. Rata-rata eBay dikunjungi oleh 817.6 juta pengguna tiap bulannya sehingga menjadi website kedua terpopuler di Amerika Serikat.

Selain Amazon dan eBay, beberapa e-commerce populer lainnya di Amerika Serikat adalah Walmart.com, Target.com, dan Costco.com. Ketiga website e-commerce tersebut sesungguhnya juga merupakan peritel (Retailer) fisik yang populer di Amerika Serikat, peritel tersebut membuat website e-commerce untuk memudahkan pengalaman belanja para konsumennya. Ketiga peritel itu juga menjual berbagai jenis barang sama seperti Amazon dan Ebay.com. Secara berturut-turut, rata-rata pengunjung untuk Walmart.com, Target.com dan Costco.com adalah 339 juta, 117.4 juta dan 42.1 juta pengujung setiap bulannya. Jika dilihat dari hal ini, maka kita dapat menyadari betapa pentingnya e-commerce dan toko retail fisik untuk menciptakan pengalaman belanja yang terintegrasi di Amerika Serikat.

Beberapa website E-Commerce lainnya yang juga populer di Amerika Serikat adalah Aliexpress.com di mana barang yang ditawarkan di website tersebut berasal dari China. Website e-commerce lainnya adalah Etsy.com yang merupakan website yang memudahkan seniman menjual hasil karyanya, selain itu website tersebut juga menjual barang antik, hadiah unik atau barang vintage. Selain di atas masih juga terdapat Kohls.com, Wish.com dan Sears.com yang masih termasuk 10 website e-commerce terpopuler di Amerika Serikat.

Dapat dilihat bahwa kondisi dan pemain pasar e-commerce di Indonesia sangat berbeda jika dibandingkan di Indonesia. Bahkan Google juga memiliki sejenis website e-commerce sendiri dengan nama Google Express yang memungkinkan penggunanya untuk membeli barang dari web Google yang berasal dari berbagai peritel fisik untuk dikirimkan ke rumahnya. Google pun juga berusaha ikut berpartisipasi dalam e-commerce di Amerika Serikat. Hal tersebut menujukkan bahwa e-commerce di Amerika Serikat dinamis dan masih terus berubah sehingga pasti inovasi baru pasti bermunculan di e-commerce Amerika Serikat. (ME)


Published at :
Written By
Business Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close