People Innovation Excellence
 

OYO APLIKASI BOOKING HOTEL INDIA KINI HADIR DI INDONESIA

Website atau aplikasi yang memudahkan pemesanan dan booking tiket travel / akomodasi semakin menjamur di Indonesia. Kehadiran website / aplikasi tersebut memungkinkan penggunanya untuk memesan tiket / akomodasi secara online yang jauh lebih praktis dan hemat waktu. Pembelian tiket pesawat / kereta pun dapat dibeli melalui ecommerce yang populer seperti Tokopedia dan Bukalapak, namun kini banyak juga sudah hadir website / aplikasi yang secara khusus menangani penjualan tiket pesawat / kereta dan akomodasi seperti hotel / rumah penginapan.

Aplikasi travel yang paling populer di Indonesia sementara ini adalah Traveloka yang merupakan aplikasi online travel yang dapat memudahkan penggunanya memesan tiket perjalanan / akomodasi untuk penginapan. Traveloka pun menjadi aplikasi terpopuler di Asia Tenggara jika dilihat dari jumlah unduhannya yakni 30 juta, akan tetapi masih banyak aplikasi online travel yang populer di Indonesia. Terdapat pula aplikasi / website online travel yang tidak kalah populer seperti tiket.com, trivago.com, agoda.com, pegipegi.com dan masih terdapat beberapa website / aplikasi yang sejenis. Terdapat pula aplikasi / website online yang secara khusus menanggani akomodasi untuk travel saja, dua website yang populer di Indonesia khusus ini adalah Airyrooms.com, Airbnb.com dan Reddoorz.com. Namun kini muncul pemain baru di Indonesia untuk aplikasi / website khusus pemesanan akomodasi yang bernama OYO. (Namanya OYO bukan OVO, jangan sampai keliru ya)

OYO merupakan aplikasi / website yang memungkinkan penggunannya memesan akomodasi secara online. OYO ini pun sesungguhnya sudah ada sejak cukup lama yakni sejak tahun 2013, namun OYO baru – baru ini memasuki pasar Indonesia. OYO sendiri berasal dari India dan memiliki jaringan hotel yang besar di wilayah Asia bagian selatan. Hingga saat ini, OYO telah memiliki lebih dari 8500 properti yang dapat dijadikan tempat akomodasi untuk para penggunanya. OYO pun terus gencar melakukan ekspansinya di Indonesia.

OYO sendiri resmi diluncurkan di Indonesia pada Oktober 2018, dan saat ini OYO sudah memiliki jaringan sebesar 150 hotel dan di 16 kota di Indonesia. OYO pun memperoleh respon dan rating yang memuaskan dari para penggunanya di Indonesia. Target mereka pun adalah memperluas jaringan ke 100 kota di Indonesia, hal itu dilakukan ekspansi jaringan hotelnya dengan target 70 hotel baru tiap bulannya. Popularitas OYO di wilayah Asia Selatan bukan karena nama semata melainkan karena inovasi yang dibawakan OYO bagi hotel-hotel yang bekerjasama.

Pemanfaatan teknologi yang dilakukan OYO tentu membawa keuntungan bagi mereka dan hotel mitranya. Teknologi OYO memungkinkan hotel mitra OYO untuk lebih mudah mengelola kegiatan operasional di hotelnya dan dapat meningkatkan okupansi kamar hotel mitranya hingga 90%. Teknologi yang ditawarkan OYO pun tak sebatas operasional, terdapat pula teknologi identifikasi pola yang memungkinkan mitra hotel mengenal pola perilaku tamunya dan mengantisipasi segala kebutuhan tamunya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Kehadiran OYO tentu menguntungkan bagi mitra hotel / akomodasi yang bekerjasama, akan tetapi OYO harus bersaing dengan pemain lainnya di Indonesia jika ingin menjadi aplikasi pemesanan akomodasi terbaik di wilayah Asia selatan. (ME)


Published at :
Written By
Business Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close