People Innovation Excellence
 

LinkAja Dompet Digital Berbagai BUMN

Dompet digital (e-wallet) sudah bukan menjadi istilah yang asing lagi di Indonesia. Dompet digital merupakan suatu sistem yang menyimpan data pengguna secara digital yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran tanpa membutuhkan cash/kartu. Dompet digital dapat dikombinasikan dengan suatu sistem mobile payment, ini memungkinkan penggunanya membayar tagihan/pembelian menggunakan smartphone, di mana sistem ini merupakan sistem pembayaran yang sedang naik daun di Indonesia. Di Indonesia kini sudah tersedia berbagai macam e-wallet yang memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi.

Pilihan e–wallet yang dapat digunakan di Indonesia pun cukup beragam, beberapa e–wallet ternama di Indonesia contohnya adalah Go-Pay, OVO, T-Cash, Dana, PayTren, dan beberapa e–wallet lainnya. Terdapat e–wallet yang dikeluarkan oleh bank-bank di Indonesia, misalnya Bank Mandiri mengeluarkan Mandiri E–Cash, BCA mengeluarkan Sakuku, BNI mengeluarkan Uniqku, dan BRI mengeluarkan Tbank. Saat ini e–wallet yang paling populer di Indonesia adalah Go-Pay dan OVO (berdasarkan report Dailysocial.id), tidak ada e–wallet yang dapat mengalahkan popularitas kedua e–wallet tersebut akan tetapi terdapat satu berita yang dapat mengguncang Industri e–wallet di Indonesia.

Berita ini berupa konsolidasi (penggabungan) beberapa e-wallet Indonesia dari BUMN menjadi satu platform e-wallet yang bernama LinkAja. LinkAja merupakan gabungan dari beberapa E-Wallet yakni T-Cash (Telkomsel), Uniqku (BNI), Mandiri e-cash (Mandiri) dan Tbank (BRI). LinkAja akan berada di bawah PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) yang merupakan FinTech yang dibuat PT. Telekomunikasi Tbk yang selama ini mengelola produk dompet digital T-Cash. LinkAja direncanakan untuk mulai beroperasi pada 21 Februari 2019, namun masih terdapat hal yang harus diselesaikan sebelum LinkAja beroperasi dengan lancar.

Fungsi dasar LinkAja tidak berbeda jauh dengan e-wallet lainnya, di mana LinkAja dapat memudahkan pembelian pengguna dan pembayaran tagihan (listrik, air, pulsa, & voucher game), sayangnya LinkAja masih beberapa kendala dalam transisinya. Pada 22 Februari, pengguna T-Cash dapat terlebih dahulu berpindah LinkAja akan tetapi terjadi kendala bagi pengguna T-Cash saat coba mendaftar ke akun LinkAja. Hal ini menyebabkan penundaan transisi, dan pengguna T-Cash diminta untuk tetap menggunakan aplikasi T-Cash, sementara aplikasi LinkAja diperbaiki. Kendala-kendala yang terjadi ini yang menyebabkan peluncuran resmi LinkAja menjadi 1 Maret 2019.

Kehadiran LinkAja dapat mengguncang industri e-wallet di Indonesia karena LinkAja merupakan konsolidasi beberapa e-wallet miliki BUMN. LinkAja memiliki jaringan yang luas karena dapat memanfaatkan network mliki BUMN, namun LinkAja harus bersaing dengan e-wallet terpopuler yakni Go-Pay dan OVO yang memiliki beranekaragam promo. LinkAja harus dapat mengembangkan strategi yang menarik dan menawarkan promo yang menarik bagi penggunanya jika ingin bersaing, saat ini kita hanya dapat melihat bagaimana industri ini akan berkembang. Persaingan ini pun akan menguntungkan bagi para pengguna ewallet, mereka memiliki opsi yang lebih banyak untuk melakukan pembayaran. (ME)


Published at :
Written By
Business Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close