BINUS Business School

Rahasia Kesuksesan Krisna Nugraha: Lulusan S3 Terbaik di BINUS BUSINESS SCHOOL

Pendidikan program doktoral atau kuliah S3 membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk mendalami suatu ilmu melalui praktik dan berbagai riset. Biasanya, durasi kuliah S3 berlangsung selama 3-7 tahun, tergantung dari masing-masing program yang ditawarkan. Karena itu, dibutuhkan persiapan matang dan tekad kuat untuk menjalani kuliah S3.

Hal itu jugalah yang dilalui oleh Krisna Nugraha, alumni Program Doctor of Research in Management (DRM) BINUS BUSINESS SCHOOL. Setelah bertahun-tahun lebih aktif di dunia profesional, ia harus kembali beradaptasi di bangku kuliah demi mendapatkan gelar Doktor.

Profil Krisna Nugraha

Krisna Nugraha adalah seorang businessman yang banyak bergelut di bidang IT. Ia pernah menjabat sebagai Consultant di Microsoft selama beberapa tahun sebelum menjadi Associate di Bellua Asia Pacific, sebuah perusahaan teknologi dan consulting. Selama 2010-2013, Krisna juga pernah dipercaya memegang posisi Head of IT Planning, Governance, and Security di PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN). 

Perjalanan karier Krisna terus menanjak hingga ia ditunjuk sebagai Chief Technology Officer untuk PT Aero Systems Indonesia selama 2014-2016. Kini, Krisna sedang fokus sebagai Founder untuk dua perusahaan yang didirikannya, yakni PT Arranet Indonesia Sejahtera yang menyediakan solusi payment gateway atau switching, serta PT Fintech Solusi Ummat yang bergerak di bidang ekosistem keuangan syariah.

Matrikulasi Jadi Tantangan Pertama

Di sela-sela kesibukan kariernya di bidang IT, Krisna memutuskan untuk kuliah S3 di Program Doctor of Research in Management (DRM) BINUS BUSINESS SCHOOL pada 2019. Selama empat tahun, ia menjalani chapter baru dalam hidupnya sebagai mahasiswa S3, hingga akhirnya berhasil lulus tepat waktu dan mendapatkan gelar Doktor pada Juli 2023 lalu.

Sejak awal, Krisna menyadari bahwa menempuh studi Doktoral tidaklah mudah. Masa adaptasi pun menjadi salah satu tantangan terbesar bagi Krisna. Dengan background yang berasal dari dunia profesional, sudah lama ia tidak berkecimpung di dunia akademik sehingga harus berusaha keras untuk belajar cepat dan tepat, terutama dalam hal membaca jurnal, penyusunan riset, hingga memahami statistik. “Jadi memang perlu ada ekstra effort untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut,” ungkapnya.

Tantangan di Tengah Pandemi

Selain masa adaptasi awal, pandemi Covid-19 juga menjadi tantangan terbesar bagi Krisna dalam menjalani studi Doktoral di Program DRM BINUS BUSINESS SCHOOL. Ternyata, ia termasuk angkatan terakhir sebelum pandemi yang sempat menjalani kuliah offline. Akibat pandemi, Krisna dan teman-teman seangkatan harus kembali beradaptasi untuk kuliah online.

Masa transisi tersebut tentunya bukanlah hal yang mudah. Dari yang semula bisa berinteraksi tatap muka langsung, pandemi membuat Krisna harus berhadapan dengan layar gadget untuk kuliah. Namun, Krisna bersyukur karena tim terkait di Program DRM BINUS BUSINESS SCHOOL begitu solutif sehingga membantunya untuk tetap bisa lulus tepat waktu.

Dukungan BINUS BUSINESS SCHOOL untuk Krisna Nugraha

Meskipun sempat harus kuliah secara online, Krisna merasa bahwa proses pembelajaran tetap berjalan mudah dan lancar berkat bantuan tim promotor Program DRM BINUS BUSINESS SCHOOL. “Selama masa PPKM, akses komunikasi dan informasi dengan tim promotor tetap mudah. Tim promotor begitu terbuka untuk berkomunikasi dengan cara apa pun, sehingga kami tidak ada kesulitan untuk melanjutkan riset kami,” ujar Krisna.

Lebih lanjut, Krisna juga mengaku bahwa menjalani kuliah S3 Program DRM BINUS BUSINESS SCHOOL merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan. Pihak universitas menyediakan begitu banyak fasilitas, arahan, dan bimbingan bagi para mahasiswa, terutama yang memiliki background profesional. Dengan begitu, Krisna pun dapat menyelesaikan riset dengan baik dan lulus tepat waktu, bahkan di tengah kesibukannya.

Prestasi dan Pesan Krisna Nugraha sebagai Peraih Summa Cumlaude

Pengalaman Krisna membuktikan bahwa mendapatkan gelar Doktor di tengah padatnya kesibukan kerja bukanlah hal mustahil. Bahkan, ia juga berhasil mendapatkan predikat Summa Cumlaude saat wisuda. Kuncinya adalah memiliki tekad kuat, komitmen tinggi, dan kemauan untuk beradaptasi.

“S3 ini adalah full-time job. Jadi, jangan hanya [melakukan] riset di waktu luang, jangan hanya kalau sempat saja,” ujarnya. Selain itu, Krisna juga berpesan bahwa disertasi atau riset yang baik adalah disertasi yang dikerjakan, bukan hanya dibicarakan. Jadi, jangan menunggu waktu luang untuk mengerjakan disertasi, tapi justru harus meluangkan waktu.

Di tengah kesibukan dan berbagai tantangan yang muncul, Krisna Nugraha berhasil mendapatkan gelar Doktor dengan tepat waktu setelah menjalani kuliah S3 di Program Doctor of Research in Management (DRM) BINUS BUSINESS SCHOOL. Bagi yang berencana untuk kuliah S3, DRM BUSINESS SCHOOL merupakan pilihan tepat karena memiliki koridor dan rambu-rambu yang jelas. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi website Program DRM BINUS BUSINESS SCHOOL!

 

Whatsapp