People Innovation Excellence
 

PENDIDIKAN ICT DI INDONESIA

Seiring dengan kemajuan teknologi dewasa ini tentu membawa dampak pula pada perkembangan pendidikan yang ada. Menurut Haris Budiman (2017), hasil teknologi telah sejak lama dimanfaatkan dalam pendidikan. Pendidikan yang diiringi dengan perkembangan teknologi akan mempengaruhi kualitas sumber daya manusia yang ada didalam sebuah bangsa guna mencapai titik lebih unggul daripada negara lainnya. Sependapat dengan hal tersebut, menurut Agnes dan Hady (2017), tujuan dari pendidikan adalah untuk kehidupan intelektual sebuah bangsa itu sendiri.

Di Indonesia, kemajuan teknologi dalam pendidikan yang berdampak pada kemajuan bangsa sudah disadari oleh pemerintah. Menurut Monica Ella (2013), pemerintah Indonesia sudah menyadari pentingnya Information and Communication Technology (ICT) didalam edukasi agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam pasar global yang mengedepankan informasi sebagai tolak ukur penting. Peningkatan kinerja pendidikan di masa mendatang memerlukan sistem dan teknologi informasi yang berguna tidak hanya sebagai sarana pendukung, namun sebagai senjata utama untuk mendukung keberhasilan dunia pendidikan sehingga mampu bersaing di pasar global (Haris Budiman, 2017). Namun tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan ICT dalam dunia pendidikan di Indonesia belum berkembang secara merata. Alasan yang menjadi akar permasalahan tersebut adalah kualitas tenaga pendidik yang belum disetarakan untuk mampu mengoperasikan ICT.

Maka dari itu berpijak dari permasalahan diatas, solusi untuk permasalahan pendidikan di Indonesia adalah diperlukannya akreditasi tenaga pendidik yang transparan sehingga program sertifikasi tenaga pendidik yang ada di Indonesia tidak hanya sebatas formalitas semata. Didalam proses akreditasi tersebut termasuk pula program pelatihan selama 2 tahun sebelum tenaga pendidik dapat mengajar (Agnes & Hady, 2017).

Pada nyatanya, tidak hanya permasalahan kualitas tenaga pendidik yang belum setara saja yang membuat pengoperasian ICT di Indonesia belum berjalan dengan seharusnya. Ada beberapa alasan kuat yang dapat menjelaskan kondisi pendidikan di Indonesia belum dapat mengoperasikan ICT sepenuhnya, beberapa alasan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Politik yang tidak konsisten

Keadaan politik di Indonesia yang tidak menentu dapat berdampak pada seluruh sektor yang ada. Salah satunya adalahnya sektor pendidikan. Dengan selalu berubahnya keadaan politik yang ada membuat peraturan yang sudah dibuat tidak sampai ketahap implementasi dan tahap evaluasi. Peraturan tersebut hanya terhenti pada tahap perencanaan, lalu diubah dengan peraturan yang baru dan sudah dipastikan hasilnya akan terhenti sampai tahap perencanaan saja.

Peraturan di sektor pendidikan sangat sensitif pengaruhnya terhadap kualitas pendidikan di Indonesia. Apalagi ditambah dengan Indonesia adalah negara kepulauan yang cukup luas sehingga untuk menyetarakan peraturan di seluruh sekolah Indonesia tentu memerlukan biaya dan waktu yang cukup besar.

  1. Permasalahan alokasi dana untuk pendidikan

Hal ini masih terkait dengan poin yang pertama, yaitu dengan keadaan politik di Indonesia. Permasalahan alokasi dana tentu diatur oleh peraturan yang ada. Namun dengan keadaan politik yang mempengaruhi peraturan yang berubah-ubah, alokasi dana untuk sektor pendidikan pun tidak menentu. Dana tidak tersalurkan dengan baik dan tidak digunakan sesuai dengan tujuannya.

  1. Proses pembelajaran terhambat akibat fasilitas belum tersedia

Proses pembelajaran tentu akan berjalan dengan baik apabila ditunjang dengan fasilitas yang memadai pula. Tentu fasilitas yang ada berkaitan dengan alokasi dana yang disalurkan oleh pemerintah kepada sekolah-sekolah berbasis subsidi dari negara. Seperti domino effect, maka dengan alokasi dana yang tidak menentu, fasilitas yang disediakan oleh sekolah juga tidak memadai.

Diharapkan dengan adanya permasalahan pendidikan di Indonesia yang menggunakan ICT belum dapat terlaksana dengan baik, masyarakat serta pemerintah mampu berkolaborasi dengan baik sehingga proses pembelajaran menggunakan ICT dapat terlaksana dengan baik pula. (NA)


Published at :
Written By
Business Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close