People Innovation Excellence
 

MANFAAT BUAH BAGI KEHIDUPAN

Pada zaman sekarang ini, ketika manusia sudah menyadari pentingnya menjaga kesehatan agar dapat hidup lebih lama, tentu banyak ditemukannya obat-obatan serta teknologi yang dapat mencegah penyakit yang mungkin menimpa manusia. Namun, obat-obatan serta teknologi tidak serta-merta dapat menjamin manusia untuk tidak sakit, hal tersebut hanya mengurangi risiko penyakit yang dihadapi manusia. Namun, hal yang terpenting agar kita tidak terkena penyakit adalah menjaga gaya hidup kita dengan melakukan olahraga serta mengkonsumsi makanan yang bergizi.

“Makan satu apel sehari dapat terhindar dari penyakit”, kalimat ini sering kali kita dengar dan ucapkan. Menjaga tubuh tetap sehat mungkin terdengar sulit, namun sebenarnya dengan melakukan hal-hal kecil seperti berolahraga sebentar setiap harinya dan mengkonsumsi satu buah apel sudah dapat menghindari penyakit datang. Selain dapat membantu kita menghindari penyakit, berikut adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah apel:

1. Meningkatkan daya memori

Berdasarkan penelitian dari Universitas Massachusetts-Lowell menunjukkan mengkonsumsi apel dapat bermanfaat bagi otak dan mengurangi sindrom penyakit alzheimer. Penyakit alzheimer adalah penyakit otak yang mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara, serta mengalami perubahan kepribadian. Apel dapat memberikan perlindungan dari kerusakan otak oksidatif yang dapat mengakibatkan kehilangan memori.

2. Menjaga kesehatan usus

Berdasarkan penelitian dari Universitas Denmark, mengkonsumsi apel dapat menyehatkan usus dan mendorong sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah bakteri usus yang baik. Hal ini dikarenakan kandungan pektin dalam buah apel. Pektin adalah zat seperti serat yang ditermukan didalam dinding sel tanaman. Bakteri baik dalam usus suka memakan pektin pada apel yang memungkinkan mereka mereplikasi dan berkembang pesat sambal melakukan pekerjaannya sebagai usus untuk memerangi penyakit.

3. Menjaga kesehatan jantung

Para peneliti di Amerika Serikat membuktikan bahwa untuk setiap 10gram serat yang dikonsumsi per hari membuat risiko terkena penyakit jantung berkurang 14%, dan risiko meninggal karena penyakit jantung berkurang 27%. Hal ini didukung data dari American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2007 yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi apel yang meningkat dapat memberikan kontribusi pada penurunan kematian akibat penyakit jantung coroner dan penyakit kardiovaskular.

4. Mengurangi risiko kanker

Para peneliti yang tersebar di seluruh dunia telah melakukan beberapa uji untuk melihat manfaat buah apel pada sampel yang terkena kanker jenis tertentu. Salah satunya adalah dari European Journal of Cancer Prevention pada tahun 2010, pada penderita kanker usus, cukup mengkonsumsi satu buah apel sehari dapat memangkas risiko kanker kolorektum lebih dari sepertiga. Penelitian ini juga menemukan efek anti-kanker terlihat pada seseorang yang mengkonsumsi satu buah apel sehari walaupun kurang mengkonsumsi jenis buah lain dan sayur-sayuran.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari buah apel, sudah tertarik belum untuk makan satu buah apel setiap hari? (NA)


Published at :
Written By
Business Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close